Wednesday, March 9, 2016

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Adab Makan dan Minum Menurut Agama Islam. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Adab Makan dan Minum Menurut Agama Islam

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun demikian, seringkali kita belum terlalu memperhatikan bagaimana adab makan dan minum yang benar. Apakah kamu sudah mempraktekkan adab makan dan minum sesuai dengan ajaran agama Islam? Lalu, bagaimana sebenarnya adab makan dan minum menurut tuntutan agama Islam?

Adab Makan dan Minum

Setiap hari se lama hidup, kita selalu melakukan kegiatan makan dan minum. Makan dan minum memberikan kita tenaga dan kekuatan yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan. Karena dilakukan setiap hari, maka kebanyakan dari kita kemudian tidak terlalu memperdulikan adab makan dan minum yang benar. Makan dan minum sesungguhnya bukan hanya persoalan memindahkan makanan dari piring ke dalam perut. Makan dan minum, apabila dilakukan dengan benar, juga merupakan bentuk ibadah dan tanda syukur kita kepada Allah swt.

Agama Islam merupakan agama yang diturunkan untuk kebaikan umat manusia. Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia dibahas di dalamnya, tidak terkecuali untuk permasalahan makan dan minum. Agama Islam mengajarkan tata krama yang harus kita patuhi dalam melakukan makan dan minum. Tahukah kamu apa saja adab makan dan minum yang diajarkan oleh Islam?

Berikut ini merupakan adab makan dan minum yang diajarkan oleh agama Islam.

1. Berdoa Sebelum Makan dan Minum

Jika kita akan memulai suatu aktifitas, sangat dianjurkan untuk memulainya dengan mengucapkan doa terlebih dahulu. Doa ini kita maksudkan untuk meminta bimbingan, petunjuk, dan perlindungan dari Allah swt. Tak terkecuali dalam kegiatan makan dan minum.
Adab Makan dan Minum Menurut Agama Islam
Artinya: “Ya Allah berkahkan kepada kami rizki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkan kami dari api neraka.”

2. Mencuci Tangan

Sebelum makan hendaknya kita mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan karena besar kemungkinan tangan kita masih kotor dan mengandung kuman. Islam mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Islam bahkan dengan jelas mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman.

3. Makan dengan Menggunakan Tangan Kanan dan Mengambil Makanan yang Terdekat Dahulu 

Rasul mengajarkan pada kita agar ketika makan hendaknya menggunakan tangan kanan, bukannya tangan kiri. Hal ini dikarenakan syaitan ketika makan selalu menggunakan tangan kirinya. Dan berusahalah untuk mengambil makanan yang terdekat terlebih dahulu. Apabila makanan yang disukai berada di lokasi yang jauh, dekatkan makanan itu terlebih dahulu, baru kita ambil.

4. Jika Sebelum Makan Lupa Berdoa, Maka Bacalah Basmallah di Tengah-tengah Saat Kita Makan

Rasulullah saw. bersabda: yang artinya “Jika salah seorang dari kamu makan, sebutlah dulu nama Allah. Maka jika lupa tidak membaca pada awalnya, hendaknya membaca sewaktu ingat ditengah-tengah makan.” (H.R. Abu Dawud)

5. Jangan Mencela Makanan

Jika kita sedang tidak selera makan atau tidak suka pada makanan yang disajikan, janganlah mencela makanan tersebut. Akan lebih baik apabila kita diam dan tidak memakan makanan tersebut. Pada hakekatnya rezeki adalah pemberian dari Allah swt., sehingga apabila kita mencela makanan sama halnya kita mencela rezeki yang diberikan oleh Allah swt. kepada kita.

6. Habiskan makanan yang disajikan

Ketika makan, hendaknya seluruh makanan yang disajikan harus kita habiskan. Jangan sampai ada yang tersisa karena makanan itu mengandung berkah. Karena tidak tahu di bagian mana berkah itu berada, maka kita harus menghabiskan seluruh makanan itu agar mendapatkan berkah.

7. Jangan menghabiskan minuman dalam sekali teguk

Rasulullah saw. mengajarkan bahwa ketika minum hendaknya kita tidak menghabiskannya dalam sekali teguk. Usahakan kita menengguk minuman 2 atau tegukan 3 sebelum menghabiskannya.

8. Tidak meniup makanan yang panas

Seringkali ketika makan, makanan yang disajikan masih dalam keadaan panas mengepul. Malah ada beberapa orang yang hanya mau makan apabila nasi atau makanan masih tersaji dalam keadaan panas. Islam mengajarkan untuk tidak meniup makanan yang masih panas. Tunggulah beberapa saat hingga makanan itu agak dingin baru kemudian kita makan.

9. Jangan Makan atau Minum Sambil Berdiri atau Beralan

Agama Islam mengajarkan untuk menghormati makanan dengan memakannya dalam keadaan duduk dan tidak bergerak. Makan dan minum sambil berjalan atau berdiri akan meng- hilangkan keberkahan yang berada dalam makanan tersebut.

10. Mengakhiri Acara Makan dengan Berdoa

Apabila sebelum makan kita diajarkan untuk berdoa, maka ketika selesai makan pun harus kita akhiri dengan berdoa juga.
Adab Makan dan Minum Menurut Agama Islam
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita makan dan minum dan telah menjadikan kita orang muslim.”


Mempraktikkan Adab Makan dan Minum dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sekarang kalian telah mengetahui tata krama makan dan minum sesuai dengan ajaran Islam. Menjadi kewajiban kalian sekarang untuk mempraktikkan adab makan minum tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sudahkah kalian mempraktikkannya? Jika belum, maka cobalah mulai sekarang untuk melakukannya bersama keluarga. Ayah dan ibu kamu pasti bangga apabila kamu telah bisa melakukan makan dan minum sesuai dengan ajaran agama Islam.


Sumber : Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VIII, Depdiknas



No comments:

Post a Comment