Sunday, September 6, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Contoh Qanaah dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian dan Contoh Qanaah dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pengertian dan Contoh Qanaah

Qanaah merupakan sikap rela menerima atau merasa cukup dengan apa yang didapat serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kekurangan yang berlebih-lebihan. Qanaah muncul dalam kehidupan seseorang berupa sikap rela menerima keputusan Allah Swt. yang berlaku bagi dirinya. Sikap ini muncul bukan dari sikap pasif menunggu tanpa berbuat yang terbaik. Sikap ini muncul dari keyakinan yang kuat kepada Allah Swt. setelah berusaha sebaik mungkin.

Orang yang memiliki sikap qanaah sadar bahwa untuk mencapai suatu keinginan, harus dilakukan dengan usaha. Usaha yang dilakukan pun bukan sekadar berusaha tanpa perencanaan dan kesungguhan. Ketika hasil dari usaha tersebut belum sesuai dengan keinginan, orang yang qanaah menerimanya dengan ikhlas, rida, dan lapang dada.

Misalnya, ketika menghadapi ulangan kalian telah belajar sungguh-sungguh dan berdoa serta bertawakal kepada Allah Swt. Akan tetapi, hasil ulangan tersebut tidak sesuai dengan keinginan. Kita harus menerimanya dengan ikhlas.

Sikap qanaah terkait erat dengan sikap syukur kepada Allah Swt. Perbedaannya sikap qanaah lebih menekankan rasa rela menerima ketentuan Allah swt, sementara syukur lebih menekankan rasa terima kasih dan harapan kepada Allah Swt. Kedua sikap ini berjalan beriringan dalam setiap kejadian. Misalnya dalam masalah rezeki.
Pengertian dan Contoh Qanaah dalam Keseharian

Perbedaan dalam masalah rezeki menuntut setiap orang untuk melatih sikap qanaah dan sekaligus syukur. Bagi mereka yang berlapang rezeki, sikap qanaah ditunjukkan dengan hidup sederhana dan bersyukur dengan cara berbagi karunia Allah Swt. kepada saudara yang masih kekurangan. Bagi mereka yang bersempit rezeki, sikap qanaah muncul dengan rasa rela menerima keadaan yang diberikan Allah Swt. dan bersyukur dengan berusaha lebih keras lagi menyongsong karunia-Nya.

Contoh qanaah dapat ditemukan dalam uraian berikut. Sajid hendak mengikuti lomba badminton antarsekolah. Oleh karena itu, ia berlatih keras dan tidak lupa memohon keberhasilan usahanya. Sewaktu pertandingan berlangsung Sajid berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan pertandingan. Dia mengeluarkan seluruh kemampuannya, tetapi apa daya dia harus kalah. Kekalahan tersebut diterima dengan lapang dada dan ikhlas.

2. Berperilaku Qanaah dalam Keseharian

Perilaku qanaah harus diteladani kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Qanaah merupakan perilaku terpuji yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Perilaku qanaah dapat diterapkan dengan melakukan hal-hal berikut.

  1. Bersyukur terhadap nikmat Allah Swt.
  2. Berusaha sekuat tenaga untuk menggapai keinginan.
  3. Menerima ketentuan Allah Swt. dengan ikhlas setelah usaha dilakukan dengan maksimal.
  4. Mengingat dan memikirkan nikmat yang dikaruniakan Allah Swt. kepada kita.

Perilaku qanaah akan membawa kita mudah meraih kesuksesan. Orang yang qanaah bersikap wajar dalam menghadapi sesuatu, baik yang menyenangkan maupun menyedihkan. Ia tidak mau larut dalam kesedihan ataupun lalai dalam kegembiraan. Berperilaku qanaah dalam keseharian perlu diterapkan pada saat mendapatkan rezeki, ditimpa musibah, meraih prestasi, atau mendapatkan kegagalan.

Sikap qanaah merupakan salah satu sikap terpuji. Sebagai sikap terpuji qanaah tentu membawa dampak yang baik bagi diri kita maupun bagi masyarakat. Apakah dampak baik yang muncul dari sikap qanaah itu?

Dengan kelompok yang sudah ada diskusikanlah pertanyaan di atas. Susunlah hasilnya pada lembar tugas dan gabungkanlah dengan lembar tugas lain yang telah kalian susun sebelumnya. Setelah itu, simpanlah untuk dikumpulkan kepada guru. Untuk meluaskan diskusi, kalian dapat mengadakan diskusi kelas dan menyampaikan hasil diskusi kelompok kalian kepada teman sekelas.

Sumber : Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Husni Thoyar



1 comment:

  1. agen casino semoga cerita nya bisa menginspirasi dan bisa menjadi contoh ya gan.. >,<

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.