Sunday, February 1, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Sebab-Sebab Rasulullah Hijrah dari Mekah ke Madinah. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Sebab-Sebab Rasulullah Hijrah dari Mekah ke Madinah


Sebab-sebab Rasulullah hijrah dari kota Mekah ke Madinah dimulai oleh peristiwa wafatnya dua orang yang sangat dicintainya, yaitu Siti Khadijah dan Abu Thalib serta tekanan dari kaum kafir Quraisy. Setelah Nabi Muhammad saw. berdakwah secara terang-terangan, hajaran dan siksaan dari kafir Quraisy mulai meningkat. Berbagai cara dilakukan oleh kaum kafir Quraisy agar Nabi Muhammad saw. tidak meneruskan dakwahnya.

Bertahun-tahun Nabi Muhammad saw. menyerukan Islam di Mekah, tetapi hasilnya hanya sedikit yang mengikuti ajaran-Nya. Pada saat Nabi Muhammad saw. membutuhkan dorongan dan motivasi dari orang-orang terdekatnya, justru isterinya, Siti Khadijah dan pamannya, Abu Thalib, berpulang ke rahmatullah dalam waktu yang nyaris bersamaan. Kehilangan kedua orang itu adalah masalah serius bagi Nabi Muhammad saw. dalam menjalankan dakwah Islamiyah di Mekah saat itu.

Sebab-Sebab Rasulullah Hijrah dari Mekah ke Madinah

Peristiwa sangat menyedihkan ini kemudiaan disebut tahun duka cita. Di tengah kesedihannya, Nabi Muhammad saw. mengalami peristiwa luar biasa, yaitu Isra’ Mi’raj. Peristiwa itu terjadi setahun sebelum Hijrah ke Madinah, tepatnya 27 Rajab 621 M. Pada peristiwa itu Allah Swt. memperlihatkan tanda-tanda keagungan dan kekuasaan-Nya sebagai penghibur bagi Nabi Muhammad saw. yang sedang dirundung kesedihan. Peristiwa ini memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada Nabi Muhammad saw. Pada peristiwa itu, Nabi Muhammad saw. menerima perintah shalat 5 waktu dalam sehari semalam.

Setelah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw. meneruskan dakwahnya dan mengabarkan peristiwa yang dialaminya. Kabar itu membuat kafir Quraisy menganggap Nabi Muhammad saw. telah melakukan pembohongan. Usaha-usaha pembunuhan pada Nabi Muhammad saw. dan pengikutnya terus digalakkan. Setelah Allah Swt. menyuruhnya untuk hijrah, maka Nabi Muhammad saw. pun melaksanakan Hijrah dari Mekah ke Madinah




2 comments:

  1. ini juga.. langsung bookmark. hee
    apakah anda semua sudah tahu tentang minuman berenergi yang aman dan tidak berbahay? beneran ada lho, minuman berenergi yang mengandung gula alami dan mengandung cafein kecil dan lebih besar dari kandungan cafein dalam secangkir kopi.
    jika ingin tahu minuman berenergi aman tidak berbaha tersebut, silakan simak info lengkapnya DISINI>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

    ReplyDelete
  2. Alasan Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah karena kaum kafir Quraisy semakin menggila seperti pemboikotan

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.