Monday, August 18, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam

Banyak sekali tokoh Islam yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang ilmu di sepanjang sejarah. Pada artikel ini akan dijelaskan sebagian biografi beberapa tokoh secara singkat.

Selanjutnya, tokoh-tokoh yang tidak dijelaskan biografinya, bisa dicari melalui buku-buku, artikel-artikel, majalah dan sumber-sumber lain yang membahasnya. Berikut ini tokoh-tokoh muslim yang telah menyumbangkan karyanya untuk kejayaan umat Islam pada khususnya dan peradaban umat manusia pada umumnya.

1. Ibnu Rusyd (520‒595 H)

Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
Ibnu Rusyd
Ibnu Rusyd merupakan salah satu tokoh pada masa kejayaan Islam. Nama lengkapnya adalah Abu Al-Walid Muhammad Ibnu Rusyd, lahir di Cordova (Spanyol) pada tahun 520 H. dan wafat di Marakesy (Maroko) pada tahun 595 H. Beliau menguasai ilmu fiqh, ilmu kalam, sastra Arab, matematika, kedokteran, fisika astronomi, dan filsafat. Karya-karya beliau antara lain: Kitab Bidayat Al- Mujtahid (kitab ini membahas tentang fiqh), Kuliyat Fi At-Tib (buku tentang kedokteran yang dijadikan pegangan bagi para mahasiswa kedokteran di Eropa), Fasl al-Magal fi Ma Bain Al-Hikmat wa Asy-Syariat. Ibnu Rusyd berpendapat bahwa antara filsafat dan agama Islam tidak bertentangan, bahkan Islam menganjurkan para penduduknya untuk mempelajari ilmu Filsafat.

2. Al-Ghazali (450‒505 H)
Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
Al-Ghazali
Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh besar pada masa kejayaan Islam. Nama lengkapnya Abu Hamid al-Ghazali, lahir di Desa Gazalah, dekat Tus, Iran Utara pada tahun 450 H dan wafat  di Tus juga pada tahun 505 H. Beliau dididik dalam keluarga dan guru yang zuhud (hidup sederhana dan tidak tamak terhadap duniawi). Al-Ghazali belajar di Madrasah Imam AI-Juwaeni. Setelah beliau menderita sakit, beliau ber-khalwat (mengasingkan diri dari masyarakat ramai dengan niat beribadah mendekatkan diri kepada Allah Swt.) dan kemudian menjalani kehidupan tasawuf selama 10 tahun di Damaskus, Jerusalem, Mekah, Madinah, dan Tus. Adapun jasa- jasa beliau terhadap umat Islam antara lain sebagai berikut.

  1. Memimpin Madrasah Nizamiyah di Bagdad dan sekaligus sebagai guru besarnya.
  2. Mendirikan madrasah untuk para calon ahli fiqh di Tus.
  3. Menulis berbagai macam buku yang mencapai 288 buah buku, mengenai tasawwuf, teologi, filsafat, logika, dan fiqh.
Di antara bukunya yang terkenal, yaitu Ihya 'Ulum ad-Din, buku ini membahas masalah-masalah ilmu akidah, ibadah, akhlak, dan tasawwuf berdasarkan al- Qur'an dan hadis. Dalam bidang filsafat, beliau menulis Tahafut al-Falasifah (tidak konsistennya para filsuf). Al-Ghazali merupakan ulama yang sangat berpengaruh di dunia Islam sehingga mendapat gelar Hujjatul Islam (bukti kebenaran Islam).

3. AI-Kindi (805‒873 M)

Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
AI-Kindi
Al-Kindi merupakan salah satu tokoh pada masa kejayaan Islam. Nama lengkapnya Yakub bin Ishak AI-Kindi yang lahir di Kufah pada tahun 805 M dan wafat di Bagdad pada tahun 873 M. AI-Kindi termasuk cendekiawan muslim yang produktif. Hasil karya Al-Kindi di bidang-bidang filsafat, logika, astronomi, kedokteran, politik, ilmu jiwa, musik, dan matematika. Beliau berpendapat, bahwa filsafat tidak bertentangan dengan agama karena keduanya sama-sama membicarakan tentang kebenaran. Al-Kindi juga merupakan satu-satunya filosof Islam dari Arab. Ia disebut Failasuf al-Arab (filosof orang Arab).




4. AI-Farabi (872‒950 M)
Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
AI-Farabi
Al-Farabi merupakan salah satu tokoh pada masa kejayaan Islam. Nama lengkapnya Abu Nashr Muhammad Ibnu Tarkhan Ibnu Uzlag AI-Farabi, beliau lahir di Farabi Transoxania pada tahun 872 M dan wafat di Damsyik pada tahun 950 M. Beliau keturunan Turki. Al-Farabi menekuni berbagai bidang ilmu pengetahuan, antara lain: logika, musik, kemiliteran, metafisika, teologi, ilmu alam, dan astronomi. Di antara karya ilmiahnya yang terkenal berjudul Ar- Royu Ahlul al-Madinah wa aI-Fadilah (pemikiran tentang penduduk negara utama).



5. Ibnu Sina (980‒1037 M)
Tokoh-Tokoh pada Masa Kejayaan Islam
Ibnu Sina
Ibnu Sina merupakan salah satu tokoh pada masa kejayaan Islam. Nama lengkapnya Abu Ali AI-Husein Ibnu Abdullah Ibnu Sina, lahir di Desa Afsyana di dekat Bukhara, beliau wafat dan dimakamkan di Hamazan. Beliau belajar bahasa Arab, fisika, geometri, logika, ilmu hukum Islam, teologi Islam, dan ilmu kedokteran. Pada usia 17 tahun, Ibnu Sina telah terkenal dan dipanggil untuk mengobati Pangeran Samani, Nuh bin Mansyur. Beliau menulis lebih dari dua ratus buku dan di antara karyanya yang terkenal berjudul Al-Qanun Fi At-Tibb, yang berisi ensiklopedi tentang ilmu kedokteran dan Al-Syifa, ensiklopedi tentang filsafat dan ilmu pengetahuan.


Tokoh-tokoh di atas hanya sebagian kecil dari tokoh-tokoh Muslim yang hasil pemikiran maupun karya-karyanya telah ikut mengubah perjalanan sejarah dunia. Kita tidak hanya harus bangga kepada mereka, tapi harus berusaha keras agar dapat mengikuti jejak mereka.



3 comments:

  1. jual gamis syar'i murah.http://www.busanagamismuslim.com/

    ReplyDelete
  2. jual gamis syar'i murah.http://www.busanagamismuslim.com/

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.